Home | Berita Opini | Peta Wisata | Wisata Alam | Seni Pertunjukan | Wisata Belanja | Wisata Bahari | Wisata Budaya | Wisata Boga | Wisata Museum | Wisata Religi | Wisata Sejarah | Cerpen
Share/Save/Bookmark

Candi Muara Takus

Akhirnya perjalanan ini kesampaian juga. Tepatnya sih pas bulan April. Walaaah wes suwe banget alias udah lama ya, tapi saya tetep pengen cerita deh, buat promosi :p

Kesempatan maen ke candi Muara Takus ini memang udah saya harap-harapkan. Gimana engga, dari bangku sekolah udah diceritain ama guru sejarah ttg candi ini. Candi tertua di Indonesia. Candi terbesar di pulau Sumatera. Mosok mumpung lagi di tanah Melayu, udah sedekat ini (yeah sebenarnya engga dekat, itu sekitar 3 jam dari Pekanbaru) gak bisa nyempetin sih.

So, pas banget waktu itu gak ada kerjaan gara2 kasus nungguin spare part yg ga dateng2 plus kunjungan ke salah satu mitra di Kab. Rohul, brangkatlah rombongan kami.
Padahal, pas banget hari sebelumnya lutut kiri saya bengkak. Tapi lututnya tau kali ya, mau dibawa jalan-jalan (plus udah dikasih obat super muahal ama pak dokter), Alhamdulillah si lutut cepet bgt membaik.

Mampir sana mampir sini, pake hujan di perjalanan, sambil liat pemandangan yang jalannya seolah mau nyebur ke Bendung Koto Panjang, akhirnya kami sampai juga ke Candi Muara Takus pada jam…. 5 sore!!!! Huaaa udah tutup, tak ada orang, tak ada pemandu, dan hujan pulak!! Huhuhu sedih saya, masak udah jauh2 cuman liat n motret candi dari dalam mobil, dari luar pagar???? Uuuuuh, ngga rela! So, saya pasang tudung kepala jaket, ambil payung, n kluar dari mobil demi motret.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Heeee siapa itu yg motret saya pas lagi motret??? Dasar temen2 yg iseng! Trus akhirnya pada nitip kamera donk ke saya buat dipotretin itu candi. Dasar gak mau basah! (tapi emang ga ada yg bawa perlengkapan selengkap saya hehehe :P)
Setelah beberapa jepret, saya masuk mobil lagi n mobil mulai jalan pelan2 ninggalin candi. Tapi upsss… kok hujan mulai reda? Cihuiii semua langung berlarian keluar mobil (kecuali saya yg jalan pelan2). Kami ke arah samping kompleks candi yang berpagar itu dan salah satu teman saya menemukan pagar dgn pijakan yg cukup rendah untuk dilompati. Dan wuuups 8 orang melompati pagar (ahaaa criminal gak sih :p), kecuali saya tentunya. Ini lutut masih disayang2 gak boleh kerja keras. Jadi saya ogah manjat pagar.

Tapi astaga, betapa jahilnya mereka merayu saya untuk lompat “Ayo Ran, pasti bisa lompat, pagarnya pendek kooook!”
“Emooooh!” jawab saya. Tapi saya bener2 ngiri ngeliat mereka pada foto2 di dalam kompleks candi huhuhu kepengen. So, saya nyoba2 aja jalan ke gerbang depan, saya coba tarik gerbang biar kebuka, and taraaaaaa….. gerbangnya enggak digembok!!!! Huahahaha…. Puas rasanya bisa melenggang masuk ke kompleks candi tanpa perlu lompat, diiringi tepuk tangan konco2 saya itu hehehe :)

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Kompleks candi Muara Takus, yang palingbesar itu candi utama yaitu Candi Tuo

Nah, ternyata ada empat buah candi di dalam Kompleks Candi Muara Takus. Yaitu Candi Palangka (yang seperti panggung), Candi Mahligai (yg paling tinggi menjulang), Candi Tuo (yang berundak-undak), dan Candi bungsu (mungkin ini yg terakhir dibangun).

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Nampang di depan Candi Mahligai, bagus ya....

Kesemua candi dibangun dengan batu bata, kecuali candi Bungsu dari batu kali. Ini pertanyaan besar buat saya, kenapa yang satu ini beda sendiri. Sayang gak ada pemandu wisata yg bisa ditanya.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Ini dia candi bungsu yang dari batu kali...

Jadi saya nanya. Katanya, batu bata untuk bangunan ini dibuat di desa Pongkai, sebuah desa yang terletak di sebelah hilir kompleks candi. Bekas galian tanah untuk batu bata itu sampai saat ini dianggap sebagai tempat yang sangat dihormati penduduk. Menurut cerita, untuk membawa batu bata ke tempat candi, dilakukan secara beranting dari tangan ke tangan. Cerita ini (walau belum pasti kebenarannya) memberikan gambaran bahwa pembangunan candi itu secara bergotong royong dan dengan cara sederhana.

Hmmm warisan budaya yang luar biasa ya. Sayangnya candinya kurang terawat. Agak berlumut jadi tangganya licin, juga jalan akses dari jalan utama ke candi ini lumayan rusak (yaaa kalo ngebut bisa kebanting-banting deeh, lubang jalan gak keliatan). Tapi kabarnya, kawasan candi Muara Takus ini akan dijadikan Taman Purbakala Nasional. Mudah2an dengan begitu candi ini akan lebih terawat dan jadi salah satu obyek wisata andalan di Riau.

Sumber: Koleksi Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu

0 komentar:

Posting Komentar