Home | Berita Opini | Peta Wisata | Wisata Alam | Seni Pertunjukan | Wisata Belanja | Wisata Bahari | Wisata Budaya | Wisata Boga | Wisata Museum | Wisata Religi | Wisata Sejarah | Cerpen
Share/Save/Bookmark

Masakan Tradisional yang Menyehatkan

Makanan dapat menentukan derajat kesehatan seseorang. Terlebih bagi Anda yang memang mengidap satu penyakit. Makanya, ayo segera beralih ke menu sehat seimbang.

Ungkapan "you are what you eat" menjadi penanda betapa makanan bisa mencerminkan diri kita. Jika kita gemar menjalani pola hidup sehat, apa yang kita konsumsi sudah pasti menyehatkan. Begitu juga sebaliknya. Pola konsumsi itulah yang kelak menentukan kualitas kesehatan tubuh kita.



Memilih makanan bergizi dan seimbang memang merupakan salah satu kunci hidup sehat. Kendati Anda merasa baik-baik saja, alangkah bijak jika Anda mau memperkaya asupan menu harian dengan beragam serat dari buah dan sayuran. Pasalnya, buah dan sayur punya daya detoks (mengeluarkan racun) dari dalam tubuh kita.

Nah, terkait dengan hal itu, restoran Saung Galah ikut menawarkan varian menu yang menyehatkan. Restoran yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,ini kebetulan memiliki konsep menu tradisional Indonesia yang menyehatkan. Di sini, Anda bisa menemukan aneka hidangan yang biasa dijumpai dalam keseharian kita.

"Saung Galah menyediakan makanan tradisional Indonesia dengan khas masakan rumah yang dapat dinikmati sehari-hari," tandas pemilik Saung Galah,Triyanto.

Yang unik, menu-menu di restoran ini disajikan di atas kendi. Saung Galah sendiri memiliki sekitar 40 macam lauk-pauk yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Oseng bunga pepaya, jantung pisang, genjer, dan pucuk labu termasuk jenis sayuran yang khas di restoran ini. Untuk lauknya, yang paling digemari tamu antara lain gulai kepala ikan, cumi bakar, udang goreng, ikan tenggiri cabai hijau, ikan balado, pepes ikan kembung, gurame goreng, ayam bakar, dan ayam goreng.

Tersedia pula berbagai macam gorengan khas Saung Galah seperti tahu isi, tahu dan tempe bacem, lunpia ayam, perkedel jagung, tempe mendoan, serta peyek udang.

"Semua masakan yang dipajang sudah dimasak setengah matang. Jika ada pengunjung yang memesan, tinggal dimatangkan sehingga penyajiannya lebih cepat," terang Triyanto.

Menurut Triyanto, gizi makanan yang ada di restorannya tidak diragukan lagi. Ambil contoh oseng bunga pepaya yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Makanan ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, di antaranya bisa untuk mencuci darah, menyembuhkan penyakit kuning, dan dapat pula dijadikan penambah nafsu makan.

Dari daftar menu minuman, terdapat jus kedondong yang merupakan sajian khas Sumatera Utara. Jus buah yang mengambil bahan dasar kedondong ini berkhasiat untuk mengobati panas dalam serta menambah stamina tubuh.

"Minuman ini saya racik sendiri dan ternyata banyak yang suka," ucap Triyanto, yang mematok menu jualannya dengan kisaran harga Rp6.000?Rp90.000.

Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan, yakni pilihan aneka sambal untuk semua lauk. Jenis pilihannya tergantung selera Anda. Untuk satu porsi sambal, dibanderol dengan harga Rp3.000.(Koran SI/Koran SI/nsa)

Sumber:
http://lifestyle.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar