Home | Berita Opini | Peta Wisata | Wisata Alam | Seni Pertunjukan | Wisata Belanja | Wisata Bahari | Wisata Budaya | Wisata Boga | Wisata Museum | Wisata Religi | Wisata Sejarah | Cerpen
Share/Save/Bookmark

Mirota Batik, Pusat Suvenir di Malioboro

Jika anda menginginkan pengalaman unik berbelanja barang-barang khas jogja ditempat yang beraroma jogja dan dilayani oleh keramahan orang-orang yang berbusana khas jogja, cobalah datangi toko suvenir Mirota Batik. Terletak di sisi utara Pasar Beringharjo, temboknya yang bercat oranye kecoklatan pastilah mudah ditemui. Dengan rentang harga barang antara Rp10.000,00-50.000,00 untuk berbagai hiasan dinding, gantungan pintu, dan banyak kerajinan lain dan harga mulai Rp200.000,00 untuk barang-barang antik, keris, dan wayang, Mirota Batik bisa menjadi alternatif yang menawarkan kenyamanan anda dalam memilih suvenir yang paling anda inginkan dari kota Yogyakarta

Sebagai salah satu pusat suvenir dan oleh-oleh di sepanjang Malioboro, Mirota Batik telah mendapatkan tempat tersendiri di hati para turis manca maupun domestik. Toko yang dulu terletak di dekat jam gede seberang pasar Beringharjo ini menyediakan berbagai produk kerajinan gaya jogja. Mirota Batik juga menyediakan tempat bagi karya-karya kerajinan, walaupun tidak bergaya jogja, buatan masyarakat jogja. Anda pernah melihat miniatur gitar, baik elektrik maupun akustik, yang dipajang di sepanjang trotoar Malioboro? Atau miniatur "pit onthel" (sepeda kumbang) berbahan baku besi dan aluminium? Atau mungkin miniatur becak, motor besar, atau bemo yang terbuat dari kayu? Semuanya bisa anda nikmati dan anda seleksi sekaligus di Mirota Batik.

Terletak diantara Maliboro mall dan pasar Beringharjo, bangunan dua lantai yang digunakan untuk mengganti bangunan sebelumnya yang rusak akibat peristiwa kebakaran tahun 2004 cukup mengakomodasi seluruh barang kerajinan yang ingin ditampilkan. Ditata secara artistik, semua barang yang ada dengan mudah dapat diamati detilnya oleh para calon pembeli. Di lantai bawah, pengunjung dapat mengamati berbagai kerajinan yang terbuat dari kain dan kayu. Surjan (pakaian tradisional Jawa Tengah), Kain batik, dan bunga kering dapat ditemui di lantai bawah.

Di lantai atas, barang kerajinan yang berukuran lebih kecil seperti kerajinan perak dan berbagai kerajinan miniatur tertata rapi di lemari etalase. Juga tersedia di lantai atas beberapa jenis keris, topeng kayu, kap lampu, wewangian bakar, batik, caping, hiasan bambu, patung loro blonyo, wayang-wayangan, kipas anyaman, jamu-jamu, orang membuat batik dengan canting dan malam, andong, seperangkat gong dan gamelan, boneka pasukan pengawal keraton, hingga barang-barang elektronik antik yang masih bisa difungsikan seperti radio tua, mesin ketik, kipas angin, dan sebagainya. (Rob/310308)

Sumber: dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. Awww thank you! I really appreciate your response! Semoga ya bisa terus nulis tiap bulan hehe. Makasih makasih


    Paket Wisata Kawah Ijen

    BalasHapus